Review Wardah Lipstick: Matte - Exclusive - Longlasting



Review Wardah - Ada nggak sih lipstik lokal yang pilihan warnanya banyak? Sekarang udah banyak lah ya. Katakan Sariayu, Mustika Ratu, Inez, Pixy, PAC, Makeover, La tulipe, Mirabella, dan masih banyak lagi. Tapi di antara deretan local brand tersebut, menurut saya yang pilihan warna lipstiknya paling bagus-bagus dan paling ngikutin trend dunia adalah Wardah.

Memang sih, Wardah ini nggak kaya Sariayu yang setiap tahun ngeluarin trend warna baru. Tapi bagi saya, warna-warna lipstik yang tersedia pada brand ini udah cukup banget untuk mewakili semua selera dan warna kulit. Cari yang orange, peach, pink, lilac, fuschia, beige, coral, tangerine, red, nude, bold, matte, glossy, semuaaa ada. Pokoknya nggak bosen-bosen deh ngeliatin warna-warna lipstik Wardah.

Untuk produk lipstik, Wardah punya tiga jenis. Yaitu: Exclusive Lipstick, Matte Lipstick, dan Longlasting Lipstick.

Wardah Exclusive Lipstick

Wardah Exclusive Lipstick ini adalah lipstik Wardah pertama saya, dan yang bikin saya kapok dan sempet musuhan lama sama lipstik Wardah! 

Klaimnya lipstik seri ini paling banyak kandungan pelembapnya (dibanding dengan Matte Lipstick dan Longlasting Lipstick). Kemasannya juga paling eksklusif. Tapi kenyataannya di bibir saya jadinya super duper kering. Memang sih glossy banget dan berminyak. Tapi kalau dipakai pada bibir yang nggak sedang dalam kondisi terbaik terbaik terbaiknya, bakalan makin mempertegas tekstur bibir yang mengelupas.

Seperti yang tadi saya bilang, teksturnya super glossy dan berminyak. Mungkin karena banyak kandungan oil-oil-annya sebagai agen pelembap (yang sama sekali nggak melembapkan). Kalau dipakai berasa geser-geser gitu, nggak stay. Daya tahannya jelek banget, pigmentasinya jelek juga, sheer dan susah rata. Bahahaa..paragraph ini isinya ancur semua deh.

Lha kalau memang lipstik ini bikin kering, nggak awet, dan nggak pigmented, ngapain saya beli? Oh...soalnya warnanya cantik-cantik bangeeett. Diantara varian lain, varian Exclusive ini memang yang pilihan warnanya paling ciamik. Sampai sekarang saya nggak bisa lepas dari Wardah Exclusive Lipstick 40. DIVA dan 37. PINK LOVERS. Warnanya nggak tergantikan, walau cuma bisa saya pakai saat foto-foto atau saat bibir saya bener-bener oke aja.

Kalau untuk FOTD dan swatch di sini, saya pakai 40. DIVA. Warnanya milky blue-based-pink yang barbie banget, cantik banget! Andai aja yang varian Matte ngeluarin warna ini T.T.

Wardah Matte Lipstick

Ini adalah varian favorit saya untuk lipstik Wardah. Dan Bronze Nude adalah lipstik favorit saya! Saya sampai punya enam warna dan masih kepingin nambah-nambah terus.

Wardah Matte Lipstick ini sama sekali nggak bikin bibir saya kering. Ketahanannya juga lumayan asal nggak dijilat-jilat dan nggak dipakai makan dan minum. Kalau pas touchup lipstik, kan kadang ada tuh lipstik yang nggak bisa langsung ditumpuk karena hasilnya bakalan ngegumpel. Nah, Wardah Matte Lipstick ini enggak. Pas dioles, olesan keberapapun, tetep meluncur lancar di bibir saya.

Walau judulnya Matte Lipstick, tapi lipstik ini hasilnya di bibir nggak matte. Satin finish kali ya. Jujur aja, saya malah nggak suka sama matte lipstick yang beneran matte. Selain bikin bibir saya kering, keseluruhan tampilan saya juga kelihatan nggak seger aja kalau di bibir nggak ada kilapnya. Pigmentasinya juga bagus, sekali oles langsung nutup. Mau berkali-kali oles juga nggak masalah, nggak akan ngegumpal.

Warna yang saya pakai kali ini adalah Wardah Matte lipstick 02. PINK. Warnanya bold fuchsia. Jujur aja saya kurang suka warna semacam ini, kurang cocok aja buat kulit saya, bikin penampilan kelihatan kusem dan kucel. Biasanya saya campur lipstik ini dengan Wet 'n Wild Megalast Lipstick Bare it All biar warnanya lebih nude dan kalem.

Wardah longlasting Lipstick

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, saya kurang demen sama lipstik yang jatuhnya matte total soalnya nggak nyaman, kurang natural, dan bikin penampilan kurang seger. Tapi memang itu masalah selera. Belakangan ini lipstik matte lagi nge-hips banget dan banyak yang suka. Nah, buat yang suka sama lipstik yang finish-nya bener-bener matte, Wardah Longlasting Lipstick bisa jadi pilihan.

Secara kemasan, saya juga paling suka Longlasting ini. Saya suka sama bentuknya yang langsing, panjang dan tabungnya yang warnanya silver, terus materialnya ringan. Si Exclusive, walau banyak yang bilang paling bagus kemasannya, saya kurang suka.

Teksturnya bener-bener matte, kaya nggak ada kandungan pelembapnya sama sekali. Pas ngolesin rasanya seret kayak ngoles kapur ke bibir. Daya tahan warnanya sebenernya juara, nggak bakal hilang dan geser seharian, tapi lipstik ini kalau di saya nggak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, karena setelah setengah jam tekturnya kaya retak gitu meskipun udah pakai lipbalm.

Tapi anehnya, si Longlasting ini malah lebih bersahabat di bibir saya dibandingkan Exclusive. Exclusive memang terasa ringan dan lembap saat dioles, tapi sepuluh menit  kemudian bibir langsung kering dan mengelupas. Sementara si Longlasting ini bisa stay lebih lama sebelum bikin bibir saya pecah.

Pilihan warna dari Wardah Longlasting Lipstick ini sedikit, dan kebanyakan warna-warna tua. Kebetulan yang saya suka cuma nomor 02. PINK SORBET. Walau namanya Pink Sorbet, tapi menurut saya warnanya condong ke nude peachy beige. Warna ini cantiiikk banget. Pigmentasinya nggak sebagus varian Matte Lipstick, tapi lebih bagus dibandingkan Exclusive. Harus dua sampai tiga kali oles untuk dapetin hasil yang nutup.

  • Harga : Matte paling murah - Longlasting paling mahal
  • Finish : Longlasting hasilnya super matte - Matte hasilnya satin - Exclusive hasilnya glossy
  • Tekstur : Matte paling lembap dan nggak bikin kering - Exclusive paling berminyak tapi bikin bibir kering
  • Pigmentasi : Matte yang paling bisa meng-cover bibir - Exclusive yang paling sheer
  • Daya Tahan : Longlasting juaranya - Exclusive paling jelek
  • Pilihan warna : Exclusive paling banyak dan paling keren - Longlasting paling sedikit dan pilihan warnanya tua-tua
  • Kemasan : Saya sih paling suka Longlasting, tapi kebanyakan orang suka sama kemasan Exclusive.


Favorit saya adalah Wardah Matte lipstick. Bagi saya lipstik itu yang penting tekstur dan warnanya. Tekstur dari Wardah Matte Lipstick ini juara: gampang dipakai, nggak bikin bibir kering, nggak menggumpal, dan gampang di touchup. Walau pilihan warnanya nggak sebanyak Exclusive, tapi saya udah punya beberapa warna andalan dari Wardah Matte Lipstick, jadi cukuplah :).

0 comments:

Post a Comment